Read more: http://bambang-gene.blogspot.com/2011/03/pasang-meta-tag-di-blog-supaya-seo.html#ixzz1FYQ9VUp5 TUNGKAL FOTOGRAFI: Cara membuat grid spots atau Snoot sebagai perlengkapan strobist.

TUNGKAL FOTOGRAFI

TUNGKAL FOTOGRAFI BELAJAR DAN SALING BERBAGI INFORMASI

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

Silahkan Gabung

apakah anda suka

ARTIKEL TERBARU

Thumbnail Recent Post

Pelabuhan Roro Tungkal Jambi

Nuansa senja di kota tungkal pesisir jambi

Landscafe sunset lokasi sungai pengabuan

Sunset dan degradasi awan yang merupakan fenomena alam yang kita tidak dapat memprediksikannya kapan dia berubah

Sunset lokasi sungai betara

SUNSET

Saat senja menjelang di kota kuala tungkal pantai pesisir jambi

Kami kira sudah pada tahu kan apa itu strobist ? Secara umum, definisi strobist adalah teknik fotografi memotret menggunakan flash/blitz secara off-shoe atau off-camera atau flash terpisah dengan body kamera.

Lalu apa itu Grid Spots ? Nah Grid Spots atau sama dengan Snoot sendiri adalah salah satu perlengkapan strobist yang fungsi utamanya untuk mengurangi cahaya yang keluar dari flash. Dan cahaya yang dihasilkan jika menggunakan grid spots/snoot akan lebih fokus ke satu titik.
Keuntungan menggunakan grid spots/snoot ini adalah kita bisa memposisikan dan mengatur arah cahaya, intensitas, cahaya untuk menghasilkan pencahayaan yg kita inginkan agar menghasilkan efek cahaya yang lebih baik dan dramatis. Untuk yang baru belajar teknik fotografi ini, baca juga artikel tentang Berbagai Teknik Pencahayaan Fotografi untuk mempejalari lebih lanjut tentang teknik pencahayaan strobist.
Grid Spots sendiri fungsinya hampir sama dengan Honeycomb yaitu untuk menembakan cahaya langsung terarah dan terpusat pada bagian obyek, cara ini juga dipakai untuk menghindari flare karena kamera menghadap pada arah datangnya cahaya.

Tips Membuat Snoot atau Grid Spots

Baiklah berikut ini cara murah dan mudah membuat perlengkapan strobits bernama grid spots/Snoot dari sedotan minuman. Perlengkapan yang dibutuhkan : Lakban Hitam, Kertas Karton, Gunting, Lem, Sedotan berwarna hitam (diameter +/- 0.5cm), penggaris, flash external dan wireless trigger untuk mencoba, dam pena.
  1. Potong-potong sedotan warna hitam dengan ukuran panjang 2cm. Panjang potongan akan berpengaruh pada cahaya yang dihasilkan. Semakin panjang, semakin sempit cahaya yang keluar dan begitu juga sebaliknya semakin pendek, maka cahaya yang dihasilkan semakin lebar.
    Membuat Grid Spots
  2. Desain karton yang sudah disiapkan menggunakan pena dan penggaris. Lebar dan panjang sesuaikan ukuran flash yang anda gunakan. Contoh berikut dengan lebar 5cm dimana 2cm untuk menempel sedotan, dan 3cm bagian yang masuk ke body flash.
    Tips Membuat Snoot
  3. Setelah proses mendesain sudah selesai, tekuklah setiap bagian sudutnya sampai membentuk kotak seukuran body flash Anda.
    Cara Mudah Membuat Grid Spots
  4. Kemudian tempel potongan sedotan sudah dipotong-potong tadi dengan lem (sangat disarankan jangan menggunakan lem yang keras seperti alteco karena mudah lepas). Tempel satu persatu hingga semua bagian sampai penuh menjadi bentuk kotak seperti gambar di bawah ini.
    Tips Murah Membuat Snoot
  5. Setelah semua penuh, coba terlebih dahulu untuk dipasang di flash. Kalau sudah pas, pasang solasi/lakban warna hitam di bagian luar. Selain sebagai perekat, memasang lakban hitam juga dapat mengubah bentuk snoot buatan ini menjadi keren.
    Tips Menggunakan Snoot untuk Strobist
Sampai di sini, grid spots atau snoot buatan sendiri sudah siap untuk digunakan untuk bermain strobist dengan murah meriah. Di bawah ini adalah contoh hasil menggunakan snoot buatan sendiri dengan dua versi. Sebelah kiri adalah hasil grid spots menggunakan sedotan yang dipotong sepanjang 5cm, sedangkan yang kanan menggunakan sedotan yang dipotong 2cm.
Contoh Hasil Menggunakan Snoot atau Grid Spots
Sudah kebayang bagaimana cahaya yang dihasilkan jika menggunakan snoot atau grid spots buatan sendiri ini ? Dengan efek cahaya seperti gambar di atas, Anda bisa bermain dengan efek cahaya dari snoot untuk memotret apa saja. Portrait menggunakan snoot juga akan lebih dasiat efeknya. Untuk motret figur kecil seperti danbo misalnya juga lebih bagus untuk mendapatkan foto danbo foto yang dibuat dengan teknik ini mampu memberi kesan profesional, berkarakter, berdimensi dan unik.
Semoga sharing tentang teknik membuat snoot atau grid spots sebagai perlengkapan strobist ini bisa bermanfaat. Kalau ada yang murah kenapa harus mahal ? karena bagi fotografer penguasaan teknik pencahayaan sangatlah penting jadi selamat mencoba. Baca juga Teknik Dasar Pencahayaan atau Lighting.
Apakah tulisan ini berguna ? Jika demikian, silakan menyebarkannya
source : tips fotografi.net

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Leave a Reply

wibiya widget