Read more: http://bambang-gene.blogspot.com/2011/03/pasang-meta-tag-di-blog-supaya-seo.html#ixzz1FYQ9VUp5 TUNGKAL FOTOGRAFI: Tips komposisi yang menarik dalam pemotretan

TUNGKAL FOTOGRAFI

TUNGKAL FOTOGRAFI BELAJAR DAN SALING BERBAGI INFORMASI

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

Silahkan Gabung

apakah anda suka

ARTIKEL TERBARU

Thumbnail Recent Post

POSTING FOTO & ARTIKEL

romeo.basingje@yahoo.com

Pelabuhan Roro Tungkal Jambi

Nuansa senja di kota tungkal pesisir jambi

Landscafe sunset lokasi sungai pengabuan

Sunset dan degradasi awan yang merupakan fenomena alam yang kita tidak dapat memprediksikannya kapan dia berubah

Sunset lokasi sungai betara

SUNSET

Saat senja menjelang di kota kuala tungkal pantai pesisir jambi


Setiap pemotretan memiliki tantangan untuk menampilkan detail subjek, mulai dari pose, pencahayaan, komposisi dll. Mungkin, kesalahan yang paling sering dilakukan fotografer amatir adalah kurangnya penekanan pada background disekitar subjek.

Fotografer yang tidak memperhatikan dengan detail lingkungan sekitar yang akan masuk ke dalam frame foto akan menghasilkan foto yang tidak focus bercerita. Contohnya untuk Forografer Wedding, tidak akan ada pengantin yang ingin difoto dengan bunga menutupi wajahnya. Elemen seperti inilah yang akan mengalihkan perhatian dari subjek. Akan sangat disayangkan bila sebuah foto yang telah diatur sedemikian rupa agar posenya tampak cantik, dandanan yang menarik namun tidak dapat dipergunakan karena kurangnya perhatian terhadap background foto. Pose dan pencahayaan adalah bagian yang penting dari sebuah foto, namun komposisi background tidak boleh ditinggalkan bila anda menginginkan hasil yang menarik.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan komposisi yang tepat :

1. Mengisi frame anda dengan subjek foto
Potret bercerita mengenai seseorang, jadi jangan takut untuk memotret lebih dekat. Ingatlah bahwa meng-zoom tidak hanya berarti mengambil foto wajah. Anda juga bisa memotret dengan “rapat”, foto close up subjek anda tengah duduk di bangku atau bersandar disebuah pohon.

2. Posisikan mata di sepertiga atas
Ini adalah pembagian paling natural didalam potret. Cobalah untuk tidak keluardari jalur ini, kecuali anda benar-benar ingin menghasilkan sesuatu yang berbeda. Pengecualian lain adalah ketika subjek anda tampak penuh di sepertiga bawah frame

3. Gunakan framing untuk mengkonsentrasikan semua perhatian ke subjek anda
Daripada menghapus lingkungan sekitar, gunakan saja! Pintu, jendela, kubah, gazebo adalah solusi yang sanagt kreatif untuk memaksimalkan focus kepada subjek dan meningkatkan ketertarikan visual.

4. Ciptakan tekstur
Sekali lagi, bila nada tidak dapat menghilangkan background yang mengalihkan perhatian, gunakan untuk keuntungan anda! Tarik subjek anda dari background dan fotolah menggunakan bukaan f4.0 maka anda akan menghasilkan depth of field kecil yang akan mengaburkan background dan menghasilkan tekstur yang artistic. Subjek anda akan muncul dihadapan background tanpa perlu menghapus objek lain dalam pemotretan.

5. Gunakan garis
Batu bata adalah background yang sempurna untuk potret anda! Garis-garisnya menghasilkan efek kreatif, tapi garis ini juga menarik perhatian ke subjek anda. Ingatlah bahwa garis apapun yang anda gunakan didalam sebuah potret akan lebih kuat bila muncul dari luar frame dan mengarah ke subjek anda.

6. Rubah sudut pengambilan anda
Terkadang menghilangkan objek yang merusakkomposisi foto anda hanya perlu dengan memindahkan posisi kamera. Untuk menghasilkan perspektif yang terbaik, coba rubah posisi kamera andadengan posisi subjek. Seringkali dengan berpindah sedikit ke kanan, atau ke kiri, sedikit naik atau sedikit turun, andadapatmenghilangkan objek yang tidakmenarik dari foto anda. Anda akan berhasilmenjual foto anda bila anda berkonsentrasi dengan detail background, membuat subjek anda muncul di foto dan berinvestasi dengan komposisi foto yang menarik.

Sumber : digitalphototgraphyschool.com

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Leave a Reply

wibiya widget