Read more: http://bambang-gene.blogspot.com/2011/03/pasang-meta-tag-di-blog-supaya-seo.html#ixzz1FYQ9VUp5 TUNGKAL FOTOGRAFI: Menghindari Debu Pada Kamera DSLR

TUNGKAL FOTOGRAFI

TUNGKAL FOTOGRAFI BELAJAR DAN SALING BERBAGI INFORMASI

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

Silahkan Gabung

apakah anda suka

ARTIKEL TERBARU

Thumbnail Recent Post

POSTING FOTO & ARTIKEL

romeo.basingje@yahoo.com

DOKUMEN

Pelabuhan Roro Tungkal Jambi

Nuansa senja di kota tungkal pesisir jambi

Landscafe sunset lokasi sungai pengabuan

Sunset dan degradasi awan yang merupakan fenomena alam yang kita tidak dapat memprediksikannya kapan dia berubah

Sunset lokasi sungai betara

SUNSET

Saat senja menjelang di kota kuala tungkal pantai pesisir jambi

Debu adalah salah satu permasalahan yang selalu ada di setiap kamera digital single-lens reflex (DSLR). Debu bisa datang dari mana saja dan menempel pada permukaan sensor sehingga mengurangi performance pada saat kamera digunakan. Salah satu yang paling parah adalah pada saat penggantian lensa, debu yang masuk bisa langsung menempel pada filter kaca yang menutupi sensor cahaya/sensor gambar.

Sensor cahaya ini terdiri dari jutaan elemen peka cahaya dengan ukuran 6 hingga 8 μm persegi. Debu berukuran kecil saja sudah pasti bisa menutupi beberapa buah elemen peka cahaya ini (biasa disebut pixel). Jika beberapa pixel tertutup debu, maka kemampuan tangkap cahaya pixel-pixel tersebut akan jauh berkurang, dan bagian gambar pada pixel tersebut akan terdeteksi sebagai warna abu-abu, dan sangat kentara pada hasil foto, terutama pada area foto dengan cahaya yang tergolong redup.

Debu pada sensor terlihat seperti bercak keabuan pada ujung kanan gambar

Debu yang menempel pada permukaan atas sensor ini akan sangat mengganggu apalagi saat melakukan pemotretan dengan jumlah yang banyak. Memang bisa saja dilakukan retouch dengan software olah digital, tapi pasti jadi pekerjaan yang sangat banyak.

Dari mana sebenarnya asal debu pada kamera?

Secara mengejutkan, peneliti canon menemukan bahwa sumber utama debu pada kamera adalah berasal dari dalam kamera itu sendiri. Hal ini menjelaskan mengapa fotografer yang jarang mengganti lensa masih juga terkena problem debu pada sensornya.

Hal ini mungkin terjadi karena dalam body kamera terdapat dua komponen utama yang bisa menghasilkan debu. Komponen pertama adalah mekanik shutter, setiap kali shutter beroperasi, ada beberapa komponen mekanis yang saling bergesekan, yang akhirnya menghasilkan debu.

Komponen kedua adalah plastik penutup lubang body kamera (body cap). Setiap kali plastik ini dipasang atau dilepas, gesekan mounting logam (pada body) dan body cap plastik ini bisa menghasilkan debu.

Maka dari itu, perkembangan teknologi kamera digital, saat ini juga mencakup penggunaan material khusus (baik plastik maupun logam) yang dapat mengurangi jumlah debu hasil gesekan. Itu sebabnya tutup plastik body seperti ini bisa mencapai harga ratusan ribu.

Lens cap dengan plastik khusus mengurangi resiko debu



Cara mengetahui keberadaan debu pada sensor

Salah satu cara tercepat untuk mengidentifikasi adanya debu pada sensor adalah mengamati adanya bercak keabuan pada area foto yang bercahaya sedang, contohnya bagian langit. Pada bagian ini bercak debu mudah sekali dikenali. Bercaknya berwarna keabuan dan kabur, karena posisi debu sebenarnya tidak menempel langsung pada permukaan sensor, melainkan pada permukaan filter low pass sensor yang terdapat pada bagian atas permukaan sensor. Jadi masih ada celah antara debu dan permukaan sensor, maka dari itu, tampilan bercak debu akan selalu out of focus alias blur/kabur dan cahaya yang menyelinap disela-selanya masih akan tertangkap sensor sebagai warna abu-abu.

Untuk lebih memastikan keberadaan debu, kita bisa melakukan tes dengan melakukan pemotretan pada selembar kertas putih atau tembok putih. Gunakan lensa telephoto jika ada, atau lensa zoom yang diset pada focal length paling panjangnya. Tidak perlu melakukan focus pada kertas/tembok, out of focus juga tidak masalah. Yang penting jarak focus diupayakan seminimal mungkin (semakin dekat dengan kertas atau tembok). Pilih mode AV (Aperture priority) pada kamera, set bukaan aperture yang paling kecil (misalkan di f/22). Lalu shoot.

Transfer hasil pemotretan pada PC dan amati gambarnya pada software imaging pada pembesaran 100%. Jika sensor kamera anda berdebu, bisa dipastikan anda akan menemukan bercak keabuan pada pada gambar. Saatnya bagi anda untuk melakukan cleaning service.

Pencegahan selalu lebih baik

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa debu justru paling banyak berasal dari dalam kamera itu sendiri. Itu artinya, kita tidak dapat menghentikan menempelnya debu pada sensor, tapi sangat bisa untuk menguranginya, salahsatunya adalah dengan cara sederhana seperti berikut ini :

  • Selalu matikan kamera sebelum mengganti lensa atau melepaskan body cap. Hal ini akan menghentikan muatan listrik statis pada sensor dan mengurangi resiko menempelnya debu.

undefined

  • Matikan kamera sebelum melepas body cap atau mengganti lensa
  • Jangan biarkan lubang mounting kamera terbuka dalam waktu lama. Saat harus membuka lensa atau melakukan pergantian lensa, lakukan dengan cepat dan segera tutup kembali dengan lensa baru atau penutup body.
  • Hindari mengganti lensa pada lingkungan yang berdebu. Jika terpaksa harus melakukan pergantian, lakukan dengan cara lobang mounting lensa diarahkan menghadap kebawah, hal ini untuk mengurangi resiko jatuhnya debu pada lobang body yang terbuka.
  • Jaga agar body cap dan lens cap tetap dalam keadaan bersih tak berdebu. Salah satunya dengan cara memasang lens cap dan body cap tertempel satu sama lain saat tidak digunakan. Tahukah anda bahwa lens cap dan body cap bisa dipasangkan satu sama lain? Hal ini dimaksudkan untuk menjaga bagian dalam kedua cap ini tetap dalam keaadaan bersih.

Body cap dan Lens cap terpasang satu sama lain

Semoga bisa menghindarkan anda dan kamera anda dari debu yang mengurangi kualitas gambar dan kepuasan saat mengabadikan momen berharga anda. Nantikan artikel lanjutannya mengenai cara pembersihan sensor. Saat debu sudah terlanjur menempel dan pencegahan sudah tidak mempan lagi. Sementara sedang saya susun untuk segera di post disini.

Semoga bermanfaat.

Disarikan dari beberapa sumber, salah satunya : web canon professional network

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Leave a Reply

wibiya widget