Read more: http://bambang-gene.blogspot.com/2011/03/pasang-meta-tag-di-blog-supaya-seo.html#ixzz1FYQ9VUp5 TUNGKAL FOTOGRAFI: Fotografi Panorama : Perlukah Posisi Datar

TUNGKAL FOTOGRAFI

TUNGKAL FOTOGRAFI BELAJAR DAN SALING BERBAGI INFORMASI

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

Silahkan Gabung

apakah anda suka

ARTIKEL TERBARU

Thumbnail Recent Post

Pelabuhan Roro Tungkal Jambi

Nuansa senja di kota tungkal pesisir jambi

Landscafe sunset lokasi sungai pengabuan

Sunset dan degradasi awan yang merupakan fenomena alam yang kita tidak dapat memprediksikannya kapan dia berubah

Sunset lokasi sungai betara

SUNSET

Saat senja menjelang di kota kuala tungkal pantai pesisir jambi



FLash Shoe Spirit Level
Tripod anda mungkin sudah mempunyai spirit level, juga panoramic head anda, dan mungkin anda membeli sendiri spirit level untuk kamera flash hot shoe anda. Anda juga mungkin mempunyai spirit level yang pas untuk tripod dan panoramic head dan memungkinkan anda untuk mengatur kedua nya dalam posisi yang mendatar. Anda juga mungkin berfikir "apakah semua ini penting?". Jawaban yang paling sederhana adalah "tidak", tetapi tentu saja perlu dijelaskan mengapa dan kapan ini diperlukan.
Mengapa posisi mendatar itu baik?
Umumnya, jika anda memotret panorama anda juga memotret :
  1. Panorama silindris dimana kamera seharusnya paralel dengan garis mendatar, sehingga ketika proses penggabungan gambar selesai, garis datar yang diperoleh lurus dari kiri ke kanan.
  2. Panorama silindris dimana anda sengaja menginginkan garis mendatar tersebut terdistorsi menjadi bergelombang untuk mendapatkan efek dramatis ketika gambar di cetak
  3. Panorama bulat dimana anda dapat memandang ke segala penjuru termasuk atas dan bawah
Dalam segala situasi, anda perlu memastikan ketika anda mempersiapkan peralatan anda semuanya aman terkendali. Apakah kamera sudah terpasang di panoramic head dengan benar? Apakah spirit level di tripod atau panoramic head anda sudah menunjukkan bidang yang datar? Perlu ditekankan disini bahwa spirit level diperlukan untuk memastikan hasil foto anda berhasil, bahkan jika anda tidak benar-benar dalam bidang yang datar.
Pastikan semua peralatan anda termasuk kamera sejajar dengan bidang datar. Selanjutnya anda perlu memastikan peralatan anda terpasang dengan benar (untuk yang menganggap spirit level itu berguna) kecuali juka anda ingin memotret tanpa mempedulikan bidang yang datar atau tidak. Dan untuk panorama bulat, anda dapat meluruskan kembali bidang datar tersebut setelahnya (menggunakan software panggabung).
Beberapa koreksi ketika tidak menggunakan spirit level
Gambar berikut ini menggambarkan beberapa persoalan yang mungkin anda hadapi jika anda memotret panorama silindris tanpa menggunakan spirit level. Bisa lebih buruk lagi, contohnya jika anda memotret dengan tangan kosong dan foto anda yang pertama sampai terakhir tidak bertautan garis bidang datarnya (mungkin anda tidak sengaja sedikit menundukkan atau menengadahkan kamera ketika anda berputar)
Pemandangan hutan tanpa memperhatikan bidang datar (simulasi)
Gambar yang sama, menunjukkan bidang yang dapat di crop
Gambar yang sama setelah di crop (daerah yang hitam menunjukkan banyaknya gambar yang hilang)
Memeriksa kedataran
Berikut beberapa daftar agar peralatan anda berada dalam bidang datar :
  1. Tripod. Pastikan tripod anda stabil, semua kaki nya terkunci dengan sempurna. Tempatkanlah di bidang yang menurut anda paling datar dan periksa kembali spirit levelnya.
  2. Spirit level
  3. Panoramic head. Cobalah mencocokkan kedatarannya dengan spirit level anda, aturlah agar tetap stabil dan ketika terjadi penambahan beban atau ketika diputar tingkat kedatarannya tidak berubah
  4. Jika anda menggunakan panoramic head bulat, aturlah lengan putarnya agar searah bidang datar dan periksalah kedatarannya sebelum dipasangkan kamera. Ketika anda memasangkan kamera, periksa lagi kedatarannya.
  5. Kamera, Jika kamera anda ada flash hot shoe nya, tempatkan spirit level disana untuk memastikan kamera anda berada dalam bidang datar
  6. Periksa : Putar kamera seperti anda sedang memotret panorama dan pastikan kamera anda tetap berada dalam bidang datar
Panorama bulat : tidak membutuhkan posisi datar
Jika anda memotret panorama bulat penuh, anda tidak membutuhkan kedataran sebab anda dapat mengatur bidang datarnya setelah pemotretan menggunakan software. PTGui dan RealViz Stitcher memungkinkan anda untuk mengatur bidang datar dengan mudah. Berarti selama perlengkapan anda terpasang dengan sempurna, anda tidak perlu memeriksa kedatarannya, tentu saja ini menghemat sedikit waktu anda.
Diunduh dan diterjemahkan dari : http://www.panoguide.com/howto/panoramas/level.jsp

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Leave a Reply

wibiya widget